7 Hewan Istimewa Yang Pernah Ada Di Dunia

Diposkan oleh Fery Kurniawan on Senin, 05 September 2011


1. Kuda Dengan Ekor Terpanjang Di Dunia


Summer Breeze adalah seekor kuda betina berusia 11 tahun yang memiliki ekor terpanjang sedunia sehingga mencatatkan sejarah dan masuk dalam Guinness Book of Records. Panjang ekornya Summer adalah 12 kaki 6 inci atau sekitar 3,81 meter dan katanya sih setiap helai rambut ekot Summer memiliki teksture seperti layaknya tali pancing. Dia ratu kecil kami dan dia juga tahu itu, jelas Miss Crystal lewat dailymail.co.uk. Meski terlahir normal dengan rambut ekor yang juga normal, namun ketika Summer semakin besar, ekornya juga ikutan tumbuh memanjang.

Saking panjangnya, pemiliknya, Crystal Socha dan Casey, saudaranya menghabiskan waktu sekitar 3 jam untuk mencuci ekor si Summer setiap 2 bulannya. Juga, karena ekornya yang panjang itu, pemiliknya gak menginjinkan Summer sering bebas berada di luar arena dan seringnya mengucir ekor Summer. Jika dia berada di luar dan ekornya melambai-lambai, maka aku tahu kenapa ekornya berharga,ujar Crystal lagi. Selain memiliki ekor terpanjang, Summer yang tinggal di Hoof Print Farm di Augusta, Kansas ternyata juga memiliki surai yang luar biasa. Saking luar biasanya, setiap kali waktu makan, surai Summer harus dirapikan dulu agar surainya gak ikutan terkunyah. Summer Breeze menjadi terkenal saat tampil di arena dan mempertunjukkan ekornya yang paling panjang itu dalam acara tahunan EquFest yang diadakan di Kolesium Kansas di Wichita.

2. Kepiting Terbesar


Inilah dia kepiting super dengan berat sekitar 45 pounds atau sekitar 21 kilogram dan lebar penampang kaki sekitar 4 meter. Kepiting yang sering juga disebut dengan “Japanese Spider Crab” yang memiliki nama latin ‘cheira kaempferi’ ini merupakan spesies arthropoda terbesar di dunia yang pernah ada. Para ilmuan meyakini bahwa kepiting ini dapat bertahan hidup hingga 100 tahun lamanya atau bahkan lebih. “Kepiting jangkung raksasa” ini hidup di kedalaman laut di sekitar Baratlaut samudera pasifik di sekitar perairan jepang. Kepiting ini kebanyakan tertangkap oleh jaring nelayan dengan rata-rata kedalaman antara 150 s/d 1000 kaki (46 s/d 305 meter) di kedalaman laut.

Dikabarkan bahwa kepiting raksasa ini merupakan makhluk yang damai dan tidak agresif serta dapat hidup dengan baik pada lingkungan akuarium. Mereka lebih menyukai suasana atau habitat yang tenang dengan landscape yang berlumpur dan lembab di kedalaman laut. Kepiting ini menggunakan ‘moncongnya’ untuk memeriksa daerah sekitar habitat hidup mereka untuk mencari binatang yang sudah mati atau kerang-kerangan sebagai makanan mereka. Dengan panjang penampang kaki sekitar 4 meter, kepiting super ini merupakan ‘raja’ yang tidak dapat ditaklukkan di antara jenis-jenis binatang sejenisnya di habitatnya. Wah.. kira-kira enak ngak ya kalau dimakan??

3. Domba Termahal Sejagat Rp 3,8 Miliar


Seekor domba asal Skotlandia terjual dengan harga 231 ribu poundsterling atau lebih dari Rp 3,8 miliar di sebuah acara lelang ternak Skotlandia. Demikian diwartakan Reuters, Sabtu (29/8). Harga ini memecahkan rekor sebagai harga domba termahal di dunia. Jimmy Douglas, pemilik baru hewan bernama Deveronvale ini, mengaguminya lantaran sang domba memiliki tubuh yang bagus dan daging pinggang yang kuat. Setelah membeli domba tersebut, Douglas berencana untuk mengembangbiakkannya. Sang pemilik lama, Graham Morrison, tak menyangka domba miliknya itu bisa mencapai harga begitu tinggi.

4. Lobster Dua Warna


Alan Robinson, nelayan asal Maine, Amerika Serikat, pada 2006 tanpa sengaja telah menangkap seekor lobster dengan dua warna pada tubuhnya, tepat terbagi kiri dan kanan. "Aku sebelumnya mengira bahwa seseorang sedang mengerjaiku !!", kata Robinson. Wajar saja dia mengira begitu, karena lobster dua warna ini tampak seolah-olah "setengah matang". Sisi yang satu berwarna biru tua, seperti umumnya warna lobster. Sedangkan sisi yang lain tampak berwarna oranye, seperti warna lobster habis dimasak...!!! Petugas dari Mount Desert Oceanarium, tempat dimana Alan Robinson menyumbangkan lobster tangkapannya ini, menyatakan bahwa lobster unik ini hanya ada satu dari 50-100 juta kemungkinan. Tetapi dua tahun kemudian, tepatnya pada 2008, lobster unik dan langka ini juga ditemukan oleh Edward Pothier dari Digby County, Kanada. Lokasi keduanya memang berdekatan, di perbatasan Kanada dengan Amerika Serikat.

5. Kelinci Raksasa


Wow…Luar Biasa ! Kelinci Raksasa dengan panjang hingga mencapai ± 81,5 cm (2,6 ft). Kelinci raksasa yang diberi nama Benny ini dimiliki oleh pasangan suami istri di Inggris yang bernama Martin dan Heather Sharon. Saat ini kelinci raksasa tersebut sedang dalam penelitian Guinness World Records untuk dinobatkan sebagai Kelinci Terbesar Didunia. Mau liat fotonya ? Wuih…gede banget

6. Ikan Kembar Siam


Si kembar ini benar-benar kompak sehidup semati. Ikan yg lebih besar di atas bahkan terlihat ikut membantu sodara di bawahnya waktu sodatanya ini mencari makan.

7. Cumi-cumi Tersenyum


Di dunia ini memang aneh-aneh, koran Inggris "Daily Mail" melaporkan seekor cumi-cumi yang tersenyum dan lucu. Menurut laporan, ilmuwan di Cabrillo Aquarium Southern California baru-baru ini menemukan sebuah cumi-cumi kecil, tampak seperti kartun babi dengan tubuh yang gemuk. Yang fantastis adalah cumi-cumi kecil ini mempunyai wajah yang tersenyum, sangat lucu. Nama ilmiah cumi-cumi kecil yang gembira ini adalah helicocranchia pfefferi, ia ditangkap oleh sebuah perahu nelayan laut dalam di dalam air Lautan Pasifik antara Los Angeles dan Catalina Island. "Cumi-cumi wajah tersenyum” ini besarnya seperti sebuah alpukat, ditemukan di dalam air dengan kedalaman 100 meter. Cumi-cumi tersebut senang mengisi tubuhnya dengan air, di belakang kedua matanya terdapat organ yang menghasilkan cahaya.