7 Pabrik Teraneh Di Dunia

Diposkan oleh Fery Kurniawan on Selasa, 27 September 2011

Pabrik tidak harus besar atau bangunan abu-abu yang terus mengepulkan asap ke langit. Mungkin kamu akan mengira ini adalah kantor milik perusahaan-perusahaan hebat. Namun, sebenarnya ini adalah gambar dari pabrik-pabrik akhir abad ke-19. Perusahaan di seluruh dunia terfokus pada mengintegrasikan "keprihatinan bagi penduduk, lingkungan, keberlanjutan, dan gambaran keseluruhan jasmani" ke dalam bangunan mereka, kata Diane Lewis, seorang arsitek praktisi dan guru di sekolah arsitektur Cooper Union. Berikut 7 Pabrik Teraneh Di Dunia, yaitu :

1. Bang & Olufsen
Lokasi: Struer, Denmark


Latar Belakang : Setelah membangun produk pertama mereka di loteng pada tahun 1925, Peter Bang & Olufsen Svend dibangun pabrik pertama mereka di Struer, Denmark dua tahun kemudian. Meskipun bangunan telah melihat banyak renovasi dan perluasan, terutama setelah dibakar oleh Jerman dalam Perang Dunia II, pabrik dan kantor pusat tetap ada sampai sekarang. Penambahan terbaru adalah gedung kantor pusat baru yang dirancang oleh Jan S√łndergaard dari KHR Arsitek dan diselesaikan pada tahun 1998.

Apa yang Unik : Bangunan markas ini dimaksudkan untuk meniru produk Bang & Olufsen dalam kontras antara ringan dan berat, tembus dan transparansi. Bangunan ini juga merupakan rumah fasilitas pengukuran elektro-akustik swasta terbesar di dunia, yang mencakup ruang tamu pura-pura yang didalamnya dilakukan tes audio.

2. Cristalchile
Lokasi: Llay-Llay, Chile


Latar Belakang : Perusahaan botol kaca ini memilih untuk mendirikan pabrik mereka di kota Llay-Llay (yang berarti "angin-angin" dalam bahasa Mapuche asli daerah), Chili, 53 mil sebelah utara Santiago. Guillermo Hevia, terkenal karena fokusnya pada desain pabrik berkelanjutan, merupakan arsitek utama proyek tersebut.

Apa yang Unik : Cristalchile menggunakan teknologi bioclimatic, selain itu juga dirancang untuk pengoptimalan ventilasi alam menggunakan angin kencang di daerah tersebut, lubang-lubang di bagian depan gedung kaca dan bukaan yang dibangun dalam bentuk atap bergelombang.

3. Paykar Bonyan Panel Factory
Lokasi: Parand, Iran


Latar Belakang : Pabrik ini terletak di sebuah kota industri di pinggiran ibukota Teheran. Tujuan dari proyek yang diselesaikan arsitek perusahaan ARAD Iran ini, adalah menantang sistem konstruksi tradisional yang terlihat di Iran.

Apa yang Unik : Secara keseluruhan, ide ini untuk membuat bangunan satu objek homogen, baik dalam sektor yang berbeda dari pabrik-pabrik produksi, kantor dan showroom dan dalam hal penampilan eksterior. Dan karena kawasan industri didedikasikan untuk membatasi polusi, para arsitek membangun pabrik dengan hati-hati dalam arah Utara-Selatan dengan berbagai bukaan yang memungkinkan untuk ventilasi udara alami, dan dengan demikian, tidak perlu AC.

4. Fiberline Factory
Lokasi: Middelfart, Denmark


Latar Belakang : Pemandangan Denmark terkenal karena kebanyakan dataran dengan beberapa bukit. Maka dari itu, Arsitek pabrik ini fokus pada desain yang sesuai dengan lingkungan sekitarnya. Fiberline, sebuah perusahaan berbasis fiberglass Denmark, memesan Jan S√łndergaard dari perusahaan desain arsitektur KHR untuk proyek di tahun 2005. Seperti pabrik tradisional kebanyakan, bangunan terletak sepanjang jalan raya utama dan berisi fasilitas produksi dan kantor pusat yang mempunyai struktur yang sama.

Apa yang Unik : Supaya cocok dengan lingkungannya, gedung ini disusun sebagai suatu bukit "buatan" dan dirancang dengan pengaruh lingkungan sekitarnya. Tiga pita di atas bangunan adalah potongan atap yang berfungsi sebagai skylight untuk menyediakan gedung dengan cahaya alami, dan mereka muncul menyerupai jembatan pada latar belakang. Bagian depan timur bangunan ditutupi fiberglass tembus, dibuat oleh pabrik Fiberline untuk menunjukan identitas mereka.

5. Everest Industries Factory Complex
Lokasi: Bhagwanpur, Roorkee, India


Latar Belakang : With this factory, India-based Matra Architects & Rurban Planners, aimed to get away from what they have found is a common disconnect between architects and clients in the industrial realm.

Apa yang Unik : Kelihatannya arsitek menggunakan payung-alat yang sederhana namun ekonomis-sebagai inspirasi dalam membangun suatu sistem naungan untuk pabrik ini. Menyadari iklim India kasar, arsitek mengatakan bahwa mereka cenderung untuk mencari harga yang terjangkau, jika solusi tidak konvensional untuk mengurangi biaya perawatan. Terbuat dari lembaran semen bergelombang dan didukung oleh rangka baja, payung-payung atap dirancang untuk memblokir sinar matahari langsung yang panas dan melindungi dari hujan lebat.

6. Mahle Metal Leve Tech Center
Lokasi: Jundiai, Sao Paolo, Brazil


Latar Belakang : Produsen bagian logam mobil ini terletak di tempat yang agak aneh untuk bangunan industri, yaitu di hutan hujan tropis. Ditugaskan untuk merancang bangunan tahun 2006, arsitek Brasil Roberto Loeb e Associados menyelesaikan bangunan pada tahun 2008.

Apa yang Unik : Terletak di kawasan hutan hujan Atlantik, arsitek merancang bangunan untuk mempertahankan topografi asli pemandangan, dan harus ramah lingkungan dengan menggunakan pencahayaan alami. Mungkin yang paling menarik adalah kolam reflektif besar di atap yang membantu menjaga kelembaban udara, bahkan mengurangi panas di dalam gedung, dan untuk menyediakan cadangan air yang besar kalua ada kebakaran.

7. Rioglass Solar Production Plant
Lokasi: Lena, Spain


Latar Belakang : Arsitek dari perusahaan Villanueva D. Arquitectos dibawa keluar ke sisi Atlantik Spanyol untuk merancang dan membangun pabrik untuk produsen panel surya ini. Tujuannya adalah untuk menciptakan sesuatu yang tidak konvensional yang masih memiliki biaya yang sama sebagai pabrik tradisional.

Apa Yang Unik : Pabrik Rioglass termasuk pabrik tradisional karena menggunakan panel beton, tetapi memiliki skyline "dimodifikasi" di mana ia menggantikan panel sandwich biasa (semen dan wafer batu diisi dengan isolasi) dengan kaca. Panel kaca dibuat dengan bingkai baja diproduksi di bengkel untuk menghemat biaya, dan gelas itu sendiri terbuat dari sutra dicetak kaca yang dikeraskan, dengan warna-warna yang dipilih bertepatan dengan warna pemandangan di mana pabrik berada.