Saksikan Film dan Fakta Unik Seputar ON THE SPOT TRANS TV hari ini, rangkuman dan kumpulan fakta-fakta yang aneh dan terunik di media TV

7 Cara Jitu Mencegah Nafsu Konsumtif di Belanja Online


Layanan belanja melalui internet atau online shopping kini semakin banyak ditawarkan oleh pengelola portal belanja di Indonesia. Berbagai situs belanja online bermunculan dalam dua tahun terakhir dengan menawarkan aneka jenis barang belanjaan yang menarik minat konsumen. Kemudahan dan rasa aman yang ditawarkan layanan belanja semacam ini menjadi daya pikat utama yang membuat banyak orang tertarik memanfaatkannya. Boleh dibilang, online shopping telah menjadi gaya hidup baru. Fitria Yusuf, penulis buku sekaligus penyuka online shopping seperti dikutip Kompas Female di sela acara BCA Klikpay, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, baru-baru ini menuturkan, kini makin banyak orang meminati layanan belanja online ini berdasar hasil amatannya pada berbagai bisnis online yang dijalankan di website, blog, sampai jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter. "Sejauh pengamatan saya, sampai saat ini sudah banyak orang yang suka online shopping, terutama perempuan," kata Fitria Yusuf. Fitria menjelaskan, pilihan barang yang dibeli pria dan wanita dalam toko online cenderung berbeda. "Pria lebih tertarik untuk membeli gadget, aksesori elektronik, dan barang elektronik lainnya. Sedangkan perempuan lebih suka belanja baju, pernak-pernik, sepatu, sampai perlengkapan bayi," tukasnya.

Bikin Konsumtif?
Beragamnya produk menarik yang ditawarkan, kemudahan memilih barang dan bertransaksi, sampai proses pengiriman dalam waktu cepat, menjadi beberapa keunggulan toko online yang dapat memanjakan pembeli. Namun jika tidak ditanggapi dengan bijak, bisa membuat Anda sulit mengerem keinginan untuk berbelanja. Dibutuhkan kontrol diri yang kuat agar kepraktisan ini tidak mengubah Anda menjadi konsumtif. Ada beberapa tips dari Fitria untuk mencegah Anda terjebak pada nafsu konsumtif saat berbelanja barang di online shopping. Berikut 7 Cara Jitu Mencegah Nafsu Konsumtif di Belanja Online, yaitu :
1. Pertama-tama, Tentukan Anggaran Anda.
Sebagaimana ketika Anda berbelanja ke supermarket di mal, ke minimarket, atau pusat perbelanjaan lainnya, sebelum berbelanja di online shopping Anda juga perlu menentukan terlebih dulu budget Anda.

2. Menetapkan Berapa Besar Dana Untuk Berbelanja
Besar dana untuk berbelanja bisa mengerem keinginan untuk berbelanja lebih dari yang Anda butuhkan. Penetapan budget sangat membantu, terutama ketika Anda berbelanja dengan menggunakan kartu kredit agar Anda tidak kebablasan berbelanja.

3. Jangan Lupa Banding-bandingkan Harga Dulu Sebelum Membeli.
Jangan terburu-buru untuk memutuskan membeli barang. Dalam beberapa website, pasti ada banyak pilihan barang dari merek yang sama. Coba bandingkan apakah ada web yang menawarkan barang yang sama namun dengan harga yang lebih murah. Selain itu, teliti juga kualitas produk itu sendiri. Cara ini terutama bisa dilakukan ketika Anda akan membeli produk elektronik atau gadget.

4. Tentukan Prioritasnya.
Sah-sah saja jika Anda tergiur untuk berbelanja ketika berselancar di toko online. Namun, untuk menghindari pembelanjaan yang melebihi target, sebaiknya tentukan prioritas barang yang perlu Anda beli. Jika tidak menentukan prioritas, salah-salah Anda tidak mendapatkan barang yang memang harus dibeli, dan malah mendapatkan barang lain yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan.

5. Lakukan di Waktu Senggang Jika Anda Berniat Belanja di Online Shopping.
Dengan demikian, Anda punya waktu banyak buat berselancar, menjelajahi halaman demi halaman, menyimak dari dekat barang-barang yang ditawarkan. Selain tak mengganggu pekerjaan lain, Anda akan lebih menikmati proses belanja, mampu menentukan prioritas belanja, menetapkan budget yang tepat.

6. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit
Kemungkinan untuk menjadi lebih konsumtif semakin bertambah karena ketika belanja online sering kali Anda harus menggunakan kartu kredit.
7. Mencari Seller Yang Menjual Barang Dengan Harga Murah
Mencari-cari online seller yang menjual barang dengan harga yang lebih murah dan berkualitas baik.
Back To Top