Saksikan Film dan Fakta Unik Seputar ON THE SPOT TRANS TV hari ini, rangkuman dan kumpulan fakta-fakta yang aneh dan terunik di media TV

7 Tips Manfaatkan Waktu Nganggur Anda


Belum dapat kerja? Jangan putus asa. Mendapatkan pekerjaan impian di tengah situasi krisis ekonomi global imbasnya terasa sampai ke dalam negeri seperti sekarang ini memang agak sulit. Tapi jangan takut, Indonesia baru saja mendapat peringkat investment grade yang berarti tak lama lagi arus dana asing masuk cukup signifikan. Itu berarti, banyaknya investasi asing baru di tanah air, yang ujung-ujungnya banyak perusahaan baru yang membutuhkan sumber daya manusia baru alias lapangan kerja kembali marak. Sementara anda menunggu pekerjaan impian anda, atau mungkin anda tidak muluk-muluk dan hanya ingin mendapatkan penghasilan beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu. Berikut 7 Tips Manfaatkan Waktu Nganggur Anda, yaitu :

1. Kembali ke Sekolah
Sekarang saat yang tepat untuk meneruskan pendidikan anda ke jenjang yang lebih tinggi. Setelah berhasil menyelesaikan sekolah, melamarlah ke sektor industri yang lebih luas, karena kesempatan anda lebih banyak lagi. Jangan lupa cek berbagai beasiswa yang tersedia sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang.

2. Memulai Bisnis Sendiri
Jangan hanya menunggu sampai lowongan kerja tersedia. Anda harus lebih aktif. Memang ekonomi sedang dunia masih dalam masa sulit, tapi bisa jadi kesempatan yang bagus untuk memulai bisnis karena Indonesia termasuk negara yang tidak terlalu kena imbas krisis. Bisnis online bisa menjadi pilihan yang baik, karena tidak membutuhkan modal dan waktu yang banyak. Rancang sebuah blog atau website, mulailah promosikan produk atau jasa online. Hal ini lumayan mengasah kemampuan marketing anda.

3. Kembangkan Skill Yang Bisa Dijual
Ada beberapa skill yang sangat diperlukan bagi perkembangan ekonomi di masa mendatang. Kalau anda merasa belum menguasai keahlian tersebut, sebaiknya mulai belajar dari sekarang. Salah satunya yang paling menjual di masa mendatang adalah, belajar bahasa asing, belajar perangkat lunak program terbaru yang sedang populer, atau bahkan anda bisa ikut kursus tertentu untuk mendapatkan sertifikat. Menguasai skill baru terkadang butuh biaya, tapi semuanya tidak akan sia-sia. Anda juga bisa belajar banyak dari internet, yaitu melalui video tutorial, dan situs-situs bantuan lainnya.

4. Permak Lamaran Kerja Anda
Jika anda sudah cukup lama menganggur, sebaiknya periksa kembali lamaran kerja yang selama ini anda kirimkan ke perusahaan-perusahaan. Mungkin saja, lamaran kerja anda kurang menarik atau tidak relevan. Sudah saatnya anda merombak dan permak lamaran kerja serta CV anda. Mulailah dari awal, tentukan faktor-faktor penting yang ingin anda tekankan dalam lamaran kerja. Minta tolong orang lain untuk menilai lamaran kerja anda adalah ide yang sangat baik, supaya anda bisa mendapatkan komentar dan masukan. Ada baiknya jika anda menyiapkan beberapa lamaran kerja yang berbeda.

5. Pindah ke Daerah Dengan Biaya Hidup Rendah
Jika anda bertahan hidup di kota besar, katakanlah Jakarta yang biaya hidupnya sangat tinggi, dengan kondisi menganggur, sama saja seperti bunuh diri. Ada banyak kesempatan kerja di daerah, yang mungkin gajinya tidak sebesar di Jakarta tapi cukup layak jika melihat biaya hidupnya yang rendah. Jangan terlalu nyaman diam di tempat yang anda tinggali sekarang, apalagi tanpa pendapatan sama sekali. Pindahan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tapi anda tidak perlu membeli rumah karena masih bisa menyewa.

6. Magang atau Jadi Relawan
Uang menjadi faktor utama dalam pekerjaan, tapi pengalaman kerja lebih penting. Mendapatkan kerja memang sulit, tapi mendapatkan pengalaman bisa setiap hari. Ada banyak organisasi yang mencari sukarelawan atau perusahaan membutuhkan anak magang. Dalam beberapa kasus, magang bisa jadi pintu menuju pegawai tetap, atau anda bisa mendapatkan relasi yang menawarkan pekerjaan.

7. Perluas Jaringan Siang Dan Malam
Gunakan waktu senggang anda untuk berinteraksi dengan banyak orang sesering mungkin. Buatlah jadwal pertemuan sendiri, hadiri seminar dan bursa kerja lalu ngobrolah dengan banyak orang di tempat-tempat tersebut. Selalu siapkan kartu nama atau CV dan lamaran kerja anda setiap saat. Kesempatan kerja anda bisa datang setiap saat, jangan sampai anda gagal meraih kesempatan itu karena tidak siap. Relasi sangatlah penting dalam mencari kerja. Jika anda sudah bertemu dengan orang yang tepat, keberuntungan anda akan berubah.
0 Komentar untuk "7 Tips Manfaatkan Waktu Nganggur Anda"

Back To Top