Saksikan Film dan Fakta Unik Seputar ON THE SPOT TRANS TV hari ini, rangkuman dan kumpulan fakta-fakta yang aneh dan terunik di media TV

7 Penyebab Serangan Jantung Yang Tak Terduga


Serangan jantung merupakan hal yang paling menakutkan bagi setiap orang sebab serangan jantung tidak jarang membuat kematian, serangan jantung sendiri memiliki beberapa penyebabnya bahkan hal hal yang tak terduga juga bisa menjadi penyebab serangan jantung. Nah berikut ini ada penyebab serangan jantung yang tidak akan kamu sadari jika hal sederhana ini bisa membuat serangan jantung nah penasaran apa aja itu simak 7 Penyebab Serangan Jantung Yang Tak Terduga berikut ini.

1. Ganggunan tidur
Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Asosisasi Jantung Amerika, menyebutkan insomnia menyebabkan risiko tinggi pada serangan jantung. Risiko serangan jantung pada insomnia meningkat dari 27% menjadi 45% dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki gangguan tidur. Lars Erik Laugsand MD dan timnya dari Universitas Sains dan Teknologi Norwegia membagi insomnia menjadi tiga golongan. Kesulitan tidur sepanjang malam menyebabkan resiko serangan jantung 45% lebih tinggi. Jika tidur Anda tidak nyenyak, Anda memiliki risiko serangan jantung 30% lebih tinggi. Bagi Anda yang tidak terbangun dengan perasaan segar lebih dari seminggu, peneliti menyebutkan resiko serangan jantung sekitar 27%. Dalam hal ini, terlihat jelas bahwa ada hubungan antara insomnia dan resiko sakit jantung, katanya. Orang dengan pola tidur kurang, akan mengalami tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi menjadi faktor yang cukup tinggi pada serangan jantung.

2. Kerja lebih dari 8 jam
Karyawan kerap bekerja keras melebihi delapan jam sehari demi meraih target. Jika Anda salah satunya, ada baiknya Anda memikirkan ulang cara kerja ini. Karena menurut pendapat para ahli, jam kerja yang panjang akan meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 80%. Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiologymenemukan, karyawan yang sering bekerja lembur secara signifikan rentan menderita serangan jantung dan stroke. Menurut para peneliti, orang yang sering lembur mengalami kombinasi stres, tekanan darah tinggi, serta diet tidak sehat. Hal-hal ini akan mengakibatkan masalah jantung lebih dini bagi para karyawan lembur.

3. Konsumsi makanan laut
Ikan salmon memang baik untuk jantung. Namun ada beberapa jenis makanan laut yang justru jika dikonsumsi akan membahayakan kesehatan jantung. Hal ini karena beberapa jenis makanan laut atau seafood banyak yang sudah terkontaminasi merkuri tingkat tinggi yang justru bisa mengganggu respons tubuh terhadap stres dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Kesepian
Merasa sepi dan tak memiliki banyak teman oleh beberapa penelitian selalu dikaitkan dengan mudah terkena serangan jantung. Penelitian di Journal of the American College of Cardiology menunjukkan bahwa perempuan yang depresi punya risiko 2 kali lebih besar untuk mengalami serangna jantung dibandingkan yang sehat secara kejiwaan.

5. Tempat tingga yang tak ‘sehat’
Penelitian yang dilakukan pada 2001 oleh The New England Journal of Medicine menemukan fakta bahwa orang yang tinggal di lingkungan menengah ke bawah tiga kali lebih berpeluang untuk menderita penyakit jantung dibandingkan mereka yang tinggal di lingkungan menengah ke atas.

Back To Top