Saksikan Film dan Fakta Unik Seputar ON THE SPOT TRANS TV hari ini, rangkuman dan kumpulan fakta-fakta yang aneh dan terunik di media TV

7 Cara Agar Hubungan Awet Walau Perbedaan Umur Cukup Jauh


Perbedaan umur kerap menjadi masalah dalam sebuah hubungan asmara. Namun, ada beberapa cara agar jalinan cinta tetap awet walaupun berpasangan dengan pria yang memiliki perbedaan usia cukup jauh. Seperti yang disarankan oleh Zoya Amirin, seorang psikolog seksual ternama di Indonesia, inilah enam langkah yang bisa diterapkan supaya hubungan Anda langgeng ke depannya.

1. Harus Banyak Penyesuaian
Penyesuaian sangat penting diperhatikan, terutama bagi pasangan yang mempunyai perbedaan usia cukup jauh. Anda harus mengerti kemauan diri sendiri dan harapan pasangan. Cobalah belajar menyesuaikan diri mulai dari hal kecil bersama pasangan. "Belajar untuk menyesuaikan hal-hal kecil yang mengganggu, kalau hal-hal yang cocok nggak usah disamain kita senang saja, yang nggak cocok itu mesti dibahas," papar Zoya Amirin kepada wolipop di Senayan City.

2. Harus Beradaptasi
Bila rentang usia cukup jauh, Anda dan si dia harus bisa beradaptasi satu sama lain. Adaptasi itu demi menciptakan komunikasi yang baik agar hubungan berjalan harmonis. "Kalau perbedaan usia itu bagaimana kita bisa nyambung, kalau kita nggak begitu, ya susah," ujarnya.

3. Terbuka
Keterbukaan merupakan salah satu faktor penting dalam hubungan. Namun bukan berarti langsung menyalahkan pasangan saat Anda tidak merasa nyaman. Coba pikirkan apa yang membuat Anda merasa seperti itu. Setelah tahu alasannya, baru beritahu pasangan dengan lembut. Demikian pula ketika pasangan bisa membuat Anda bahagia, katakan terima kasih supaya dia tahu dan akan mengulanginya kembali. Cara ini akan meningkatkan kualitas hubungan asmara Anda.

4. Jaga Penampilan
Secara fisik, wanita lebih banyak berubah karena pengaruh hormon, menstruasi, dan sebagainya. Oleh sebab itu, Anda dituntut menjaga penampilan saat menjalin kasih dengan pria yang jauh lebih muda atau lebih tua. Tetaplah olahraga rutin setiap minggu serta rajin merawat diri agar hubungan tetap terjaga. "Tetap jaga penampilan, fitness, kayaknya repot banget jadi wanita ya, tapi memang seperti itu. Ini bukan kodrat tapi pilihan," sarannya.

5. Sering Evaluasi Hubungan
Anda perlu menyempatkan waktu dengan pasangan untuk sering-sering melakukan evaluasi hubungan, terutama bagi pasangan yang usianya cukup jauh. Hal ini untuk memudahkan membangun kecocokkan antara Anda berdua. Sehingga pasangan sama-sama mengerti apa yang diinginkan dan apa yang diharapkan.

6. Membangun Keintiman
Zoya menjelaskan bahwa pasangan yang umurnya berbeda jauh perlu membangun keintiman secara mendalam, terutama setelah menikah. Kebanyakan wanita malas bercinta dan mengurus suami setelah menikah bertahun-tahun serta memiliki anak. Keintiman harus dijaga supaya hubungan tetap hangat dan berjalan seimbang. "Asal sanggup, nggak banyak cari alasan, lalu bisa membangun keintiman ya nggak apa-apa, tantangannya kan itu," tuturnya kemudian.
Back To Top