Saksikan Film dan Fakta Unik Seputar ON THE SPOT TRANS TV hari ini, rangkuman dan kumpulan fakta-fakta yang aneh dan terunik di media TV

7 Prinsip Pendekar Tak Terkalahkan Menurut Miyamoto Musashi


Miyamoto Musashi merupakan samurai tak terkalahkan di Zaman Feodal Jepang. Dia selamat lebih dari 60 duel dan meninggal dengan damai di atas tempat tidurnya. Fakta mengenai keberadaannya diakui oleh sejarah.

Salah satu bukti sejarah ialah buku yang ditulisnya pada tahun 1643, berjudul Kitab Lima Unsur. Di buku ini ia menjelaskan prinsip menggunakan pedang yang dianutnya.

Pertama, ia menganjurkan untuk memegang pedang panjang di satu tangan dan pedang pendek di tangan lainnya. Katanya dengan susunan ini Anda bisa mengatasi pertarungan di medan apapun.

Kedua, Anda harus selalu bertarung dengan membelakangi sinar matahari atau menyampinginya. Jangan bertarung dengan menghadap sinar matahari, kecuali Anda tidak punya pilihan lain. Ini penting supaya penglihatan Anda tidak terganggu.

Ketiga, jangan menggunakan teknik pedang secara kaku. Teknik terbaik ialah teknik yang menyelamatkan nyawa Anda, bukan teknik standar yang tidak mengembangkan posisi atau keahlian Anda.

Keempat, bila Anda dikeroyok banyak samurai, jangan menunggu serangan musuh. Anda harus mengendalikan mereka, bukan dikendalikan mereka. Maju dan serang ke satu arah, kemudian berbalik untuk menyerang ke arah lainnya. Terus seperti itu. Dengan cara ini, Musashi dapat mengalahkan sekitar 20 sampai 30 samurai sendirian di sebuah duel.

Demikianlah prinsip yang digambarkan Miyamoto Musashi di dalam bukunya. Semoga ada manfaatnya bagi para pecinta bela diri.
Back To Top