Saksikan Film dan Fakta Unik Seputar ON THE SPOT TRANS TV hari ini, rangkuman dan kumpulan fakta-fakta yang aneh dan terunik di media TV

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Gula Darah Tinggi


Mengontrol kadar gula darah dapat mencegah kerusakan pada organ-organ tubuh Anda. Itu karena, saat gula darah kadarnya tak terkontrol, bukan hanya bisa mengalami diabetes tetapi juga komplikasi yang cukup parah.

Memperhatikan dengan seksama pilihan makanan, kurangi konsumsi gula dan karbohidrat, kontrol porsi makan serta rajin mengonsumsi obat diabetes jadi kunci utama untuk mengontrol kadar gula darah. Hal yang tak kalah penting, Anda juga harus memperhatikan tiga hal berikut.

1. Arteri
Jaga arteri Anda tetap sehat dengan menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Konsumsi makanan yang rendah gula dan tinggi karbohidrat glisemik untuk menjaga tubuh memproduksi terlalu banyak trigliserida, yang dapat menyumbat arteri.

Tak hanya menjaga kadar gula, tekanan darah Anda juga harus diperhatikan. Tekanan darah tinggi, seperti dilansir dari Fox News, menurunkan ketersediaan darah ke jaringan tubuh karena arteri cenderung mengetat. Perhatikan asupan garam dan lakukan meditasi selama 5 sampai 10 menit setiap hari. Ini adalah cara yang telah terbukti dapat mencegah tekanan darah tinggi.

2. Saraf
Diabetes dan tingginya kadar gula darah yang kronis adalah penyebab terbesar terjadinya kerusakan saraf. Penderita diabetes berisiko mengalami kerusakan saraf di kemudian hari jika mereka tidak mengontrol kadar gula darah.

Makan lebih sering dengan porsi yang lebih kecil efektif membantu tubuh Anda menjaga kadar gula tetap stabil. Perhatikan pula asupan alkohol karena cenderung menyebabkan kadar gula darah tidak terkontrol dan menghasilkan racun saat tubuh bermetabolisme, yang dapat merusak sistem saraf.

3. Otot dan jaringan
Tubuh Anda dirancang untuk bergerak dan digunakan. Namun, gaya hidup modern membuat Anda duduk di depan komputer sepanjang hari. Hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya penurunan aliran darah ke kaki dan alat kelamin. Serta, membuat punggung bagian bawah menjadi tegang. Anda harus bangun dari kursi dan bergerak selama setidaknya beberapa menit setiap setengah jam atau lebih.
0 Komentar untuk "7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Gula Darah Tinggi"

Back To Top