Saksikan Film dan Fakta Unik Seputar ON THE SPOT TRANS TV hari ini, rangkuman dan kumpulan fakta-fakta yang aneh dan terunik di media TV

7 Kejadian Menghebohkan Karena Air Susu Ibu


Pemberian ASI eksklusif pada bayi hingga minimal 6 bulan terus digalakkan, tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Namun ada beberapa kontroversi yang cukup menghebohkan yang terjadi terkait pemberian ASI pada bayi. Air susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik buat bayi, tapi sayangnya jumlah bayi yang mendapatkan ASI eksklusif semakin menurun. Bahkan, setidaknya ada 10 kontroversi ASI yang paling heboh di dunia. Berikut 7 kontroversi ASI yang cukup menghebohkan di dunia, seperti dilansir Time, Kamis (24/2/2011):

1. Wanita yang menyusui dikeluarkan dari pesawat
Perselisihan hukum mengenai menyusui di tempat publik ini berlangsung sejak tahun 2006 ketika seorang ibu yang menyusui bernama Emily Gillette mengatakan bahwa pramugari pesawat Delta Connection menyuruhnya turun dari pesawat ketika ia menolak untuk menutup bagian dada saat menyusui putrinya yang berusia 22 bulan.Gillette mengajukan pengaduan ke Vermont Human Rights Commission (Komisi HAM Vermont) dan mengklaim bahwa ia duduk diam di dekat jendela dengan suami ada disebelahnya saat menyusui dalam pesawat tersebut.

2. Facebook menghapus foto profil seorang ibu yang sedang menyusui
Pada tahun 2009, seorang wanita merasa jengkel karena menyadari bahwa foto-fotonya saat menyusui dihapus dari album foto akun Facebook miliknya, meskipun foto tersebut hanya untuk ditunjukkan pada teman dan keluarganya.Facebook beralasan bahwa foto dengan menunjukkan puting payudara adalah melanggar kebijakan mereka karena dianggap cabul atau pornografi, sehingga foto-foto tersebut harus dihapus tanpa persetujuan pemilik akun tersebut. Hal itu cukup menuai kontroversi, terutama di kalangan ibu-ibu yang menyusui bayinya. Sampai-sampai untuk menyatakan protesnya, beberapa ibu mulai membuat grup Facebook baru dengan diberi nama ‘Hey Facebook, Breastfeeding Is Not Obscene (Hei Facebook, Menyusui Bukan Tidak Senonoh)’. Grup tersebut kini telah memiliki lebih dari 250.000 anggota dan melampirkan hampir 7.000 foto ibu tengah menyusui bayinya.

3. Menyusui anak usia sekolah
Ada banyak perdebatan tentang berapa usia anak untuk berhenti menyusu ASI, namun kebanyakan orang Amerika setuju bahwa pada saat seorang anak masuk taman kanak-kanak, maka sudah saatnya berhenti menyusu.Tapi tidak dengan Amanda Hurst. Ibu berusia 29 tahun ini menjadi pembicaraan utama di tahun 2010 karena membuat keputusan tetap menyusui dua anaknya bersamaan yang berusia 6 tahun dan 5 bulan. Tak hanya Hurst, pada tahun 2006, British documentary, Extraordinary Breastfeeding mencatata seorang ibu yang menyusui hingga usia 8 tahun.

4. Boneka bayi menyusui
Meskipun mainan ini tidak pernah dibuat di Amerika Serikat, tapi acara American Morning Shows dan kelompok ibu di seluruh negara itu beramai-ramai di musim panas lalu untuk meniru boneka menyusui asal Spanyol tersebut.Tapi sayangnya, boneka bayi yang bernama ‘Bebe Gloton’ (bayi pelahap) dilengkapi dengan rompi kecil sehingga membuat suara-suara menyusui dan gerakan mulut ketika menelan menjadi aneh terhalang rompi. Boneka ini banyak mendapat pujian dari pendukung ASI, tetapi kepantasannya sebagai mainan menjadi topik panas di acara Today NBC, karena pembawa acaranya mengatakan boneka tersebut merupakan sesuatu yang menyeramkan.

5. Pakaian bayi bertuliskan ‘Formula Powered’
Kaos simple Old Navy untuk bayi yang bertuliskan ‘Formula Powered’ seharga 5 dolar ini dipasarkan sejak tahun 2009. Tapi kaos ini mendapat banyak kritik karena dianggap perusahaan tersebut lebih mendukung pemberian susu formula ketimbang ASI pada bayi.”Itu tidak dimaksudkan untuk menjadi anti-ASI,” kata Louise Callagy, juru bicara dari Gap Inc, perusahaan induk Old Navy, yang juga menunjukkan bahwa Old Navy juga memproduksi bra menyusui dan atasan.

6. Salma Hayek menyusui bayi keturunan Afrika
Aktris Salma Hayek membuka jenis perdebatan baru mengenai menyusui pada 2009 ketika video ia tengah menyusui bayi laki-laki lapar di Sierra Leone muncul di YouTube.Hayek mengatakan kepada ABC Nightline bahwa ia menyusui bayi yang baru lahir dalam upaya untuk mempromosikan menyusui di wilayah yang memiliki salah satu angka kematian bayi tertinggi di dunia, terutama karena kekurangan gizi. Dan sementara penularan HIV melalui pemberian ASI menjadi kekhawatiran ibu-ibu di seluruh Afrika. Pedoman kesehatan internasional juga menganjurkan ibu HIV-positif untuk menghindari menyusui. Tapi di Sierra Leone, kelaparan adalah ancaman langsung.Hayek mendapat pujian untuk misi tersebut dan videonya mendorong gelombang diskusi mengenai apakah negara-negara Barat harus menyumbangkan ASI ke negara-negara yang membutuhkan, dan bukan dengan memberikan susu formula bayi.

7. Gambar ibu menyusui di sampul depan majalah Redbook
Pada tahun 1997, majalah Redbook mengeluarkan resolusioner yang menampilkan aktor Pierce Brosnan yang menatap payudara kekasihnya Keely Shaye Smith yang tengah menyusui anak mereka sebagai gambar di sampul depan majalah.Gambar tersebut sebenarnya tidak terlalu mengekspos payudara Smith, tetapi beberapa pelanggan mengeluh dengan gambar sampul depan tersebut karena dianggap bersifat cabul.
Back To Top