Saksikan Film dan Fakta Unik Seputar ON THE SPOT TRANS TV hari ini, rangkuman dan kumpulan fakta-fakta yang aneh dan terunik di media TV

7 Jurus Ampuh Redakan Nyeri Menstruasi


Menstruasi memicu perubahan hormon yang memengaruhi kerja tubuh dan emosi. Tak jarang peluruhan sel-sel telur ini disertai rasa nyeri yang berpotensi mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebagian wanita menganggap menstruasi sebagai periode menyiksa. Karenanya, simak beberapa tips yang dapat meringankan derita menstruasi sekaligus mempertahankan tingkat energi, seperti dikutip dari All Women Stalk.

1. Penghangat
Tuangkan air panas ke dalam botol kaca. Supaya tangan tidak kepanasan, balut botol dengan lilitan kain. Gulingkan atau pijatkan botol ke bagian perut yang terasa nyeri hingga botol mulai mendingin. Anda juga bisa mencoba mandi dengan air hangat untuk meredakan nyeri.

2. Meringkuk
Pernah melihat posisi janin yang sedang berada dalam kandungan? Dia akan mendekatkan kedua tangannya pada wajah sambil meringkuk. Posisi ini terhitung efektif karena dapat membuat otot perut menjadi rileks sehingga sedikit meringankan nyeri menstruasi.

3. Makanan sehat
Saat menstruasi, asupan makanan yang kaya akan seng, kalsium, dan vitamin B dapat membantu meredakan kram dan perut kembung. Jangan lupa untuk menambahkan gandum utuh serta buah dan sayur.

4. Bergerak
Nyeri menstruasi bukan alasan untuk bermalas-malasan, kecuali bila nyerinya memang tak tertahankan. Beraktivitas justru disarankan karena membuat otot lebih relaks dan membantu merangsang pelepasan hormon bahagia atau endorfin dari otak.

5. Aromaterapi
Bukan rahasia lagi bila wangi aromaterapi menimbulkan efek menenangkan. Nyalakan lilin wangi atau bubuhkan beberapa tetes minyak aromaterapi ke dalam bathtub untuk berendam.

6. Obat pereda sakit
Ini menjadi solusi terakhir ketika keluhan nyeri sudah tak tertahankan. Minum obat yang mengandung parasetamol atau ibuprofen sesuai dosis untuk meredakannya. Namun, jika kadar sakit cukup serius sebaiknya konsultasi dengan dokter.
0 Komentar untuk "7 Jurus Ampuh Redakan Nyeri Menstruasi"

Back To Top