Saksikan Film dan Fakta Unik Seputar ON THE SPOT TRANS TV hari ini, rangkuman dan kumpulan fakta-fakta yang aneh dan terunik di media TV

7 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut


Demi menjaga kesehatan gigi dan mulut, Anda tak hanya harus membersihkannya secara teratur. Asupan nutrisi pun juga harus diperhatikan. Fungsinya adalah menjaga gigi tetap kuat dan terhindar dari gangguan penyakit.

Anda ingin tahu apa saja asupan yang sangat baik bagi gigi dan mulut? Ketahui daftarnya dan selalu jadikan menu wajib sehari-hari.

1. Buah dan sayur
Apel, pir, wortel, brokoli, dan kubis. Buah dan sayur tersebut merupakan jenis makanan yang kaya akan selulosa. Jika dikonsumsi, maka senyawa ini akan bekerja membersihkan gigi secara alami. Yaitu, melepaskan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi, serta menghilangkan bakteri.

2. Keju
Kandungan fosfatnya mampu menetralisir enamel dan mengikis asam, seperti kalsium dan vitamin D. "Sama seperti pada tulang, kalsium mampu menguatkan enamel gigi, khususnya ketika dikombinasikan dengan mengonsumsi vitamin D," kata dr Shir, dikutip dari Woman's Day.

3. Kacang
Mengandung kadar gula rendah, kaya akan kalsium, magnesium, serta mampu menambah kekuatan gigi Anda. Itulah manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi jenis kacang-kacangan.

4. Makanan kaya vitamin C
Vitamin C tak hanya memberikan dampak positif bagi perawatan kulit. Makanan seperti kiwi, kemangi, dan ubi adalah contoh makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mulut Anda. Itu karen, vitamin C memproduksi kolagen guna menjaga gusi agar tetap kuat dan sehat.

5. Permen karet
Usai makan, Anda disarankan mengunyah permen karet. Mengapa? Saat Anda mengunyah permen karet, maka mulut akan menstimulasi sekaligus memproduksi saliva atau air liur, yang membantu membersihkan mulut Anda.

Beberapa studi juga telah membuktikan bahwa, xylitol dalam permen karet, meningkatkan kadar pH dalam mulut Anda. Dengan demikian, akan membantu mencegah zat asam yang akan merusak gigi.

6. Air putih
Banyak manfaat dari 'air ajaib' ini. Air mampu membersihkan sisa makanan dan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi. Sangat disarankan untuk kumur-kumur dengan air putih, setelah makan, khususnya setelah makan permen, susu, dan coklat. Air putih juga membantu menghidrasi tubuh untuk menghasilkan saliva dalam jumlah yang memadai.
0 Komentar untuk "7 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut "

Back To Top