Saksikan Film dan Fakta Unik Seputar ON THE SPOT TRANS TV hari ini, rangkuman dan kumpulan fakta-fakta yang aneh dan terunik di media TV

7 Sumber Makanan Pelindung Ginjal


Menjaga kesehatan ginjal sama pentingnya dengan merawat kondisi jantung. Ginjal juga termasuk organ vital yang bisa memicu efek fatal jika terabaikan.

Tak cukup dengan banyak minum dan rajin buang air kecil. Demi mencegah terjadinya gangguan atau masalah ginjal, coba kenali sejumlah makanan yang efektif membantu meningkatkan kinerja dan fungsi ginjal. Berikut 7 Sumber Makanan Pelindung Ginjal, yaitu :

1. Paprika merah
Selain berfungsi untuk menambahkan rasa dan aroma, paprika merah juga memiliki fungsi untuk membersihkan darah yang akan sangat membantu para penderita gagal ginjal.

2. Putih telur
Jika Anda memiliki masalah ginjal, Anda perlu protein dengan kandungan fosfor rendah. Putih telur menjadi pilihan tepat karena merupakan jenis protein sehat dengan kandungan fosfor jauh lebih rendah dibandingkan jenis protein lainnya. Sementara kuning telur sebaiknya dihindari, terutama mereka yang memiliki masalah ginjal.

3. Kembang Kol
Sayuran ini merupakan musuh bagi senyawa racun dalam tubuh. Kandungan indoles, glucosinolates, dan tiosianat efektif menyingkirkan racun yang rentan mengganggu kinerja ginjal. Cara paling sederhana menyajikan kembang kol adalah merebusnya dengan sedikit merica dan garam.

4. Kubis
Sayuran berlapis-lapis ini merupakan sumber terbaik fitokimia yang efektif menyingkirkan radikal bebas perusak tubuh dan kulit. Menyantap kubis mentah sangat disarankan bagi mereka yang memiliki masalah ginjal dan harus menjalani dialisis atau cuci darah.

5. Ikan
Memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang merupakan sumber protein baik untuk penderita gangguan ginjal. Protein yang terkandung pada ikan cenderung lebih aman dibandingkan dengan sumber protein lainnya.

6. Jus buah
Memiliki kandungan fitokimia tinggi yang efektif memecah limbah atau racun tubuh. Pilih jenis buah dengan kandungan antioksidan tinggi seperti buah beri untuk membantu proses kerja dan fungsi ginjal. Itulah mengapa mereka yang harus menjalani cuci darah sangat disarankan banyak minum jus buah.
0 Komentar untuk "7 Sumber Makanan Pelindung Ginjal "

Back To Top