Saksikan Film dan Fakta Unik Seputar ON THE SPOT TRANS TV hari ini, rangkuman dan kumpulan fakta-fakta yang aneh dan terunik di media TV

7 Waktu Paling Berbahaya Bagi Jantung


Siapa sangka ternyata ada waktu-waktu tertentu yang sangat berisiko bagi jantung. Tepatnya, ketika tekanan darah meningkat drastis, sehingga seseorang mengalami kemungkinan stroke tiga kali lebih tinggi dari biasanya.

Hal ini bisa terjadi pada siapapun, bukan hanya orang yang sebelumnya sudah mengalami masalah jantung. Lalu kapan waktu-waktu tersebut?

1. Pagi hari
Risiko serangan jantung meningkat hingga 40 persen pada pagi hari. Hal ini menurut penelitian tm dari Universitas Harvard, Amerika serikat. Apa alasannya? Saat Anda bangun tidur tubuh mensekresikan adrenalin dan hormon stres lainnya.

Hal ini, seperti dilansir dari Prevention, meningkatkan tekanan darah dan membutuhkan banyak oksigen. Darah juga lebih tebal dan lebih keras dipompa, karena saat tidur Anda sedikit mengalami dehidrasi.

2. Senin pagi
Tak heran kalau bagi sebagian orang Senin pagi merupakan saat-saat paling 'menakutkan'. Bukan hanya harus kembali dengan rutinitas pekerjaan dan meninggalkan akhir pekan, tapi juga ini merupakan saat seseorang juga berisiko tinggi mengalami serangan jantung. Menurut penelitian, pemicunya kemungkinan besar stres dan depresi karena banyak beban pekerjaan yang harus diselesaikan.

3. Setelah makan nikmat
Menu santap malam Anda sangat nikmat, seperti steak, cumi-cumi, atau mungkin kepiting. Makanan berlemak dan mengandung kolesterol tinggi membuat darah lebih rentan mengalami penggumpalan dan menghambat kerja jantung. Untuk itu, pastikan posrsi makanan yang Anda konsumsi tidak berlebihan.

4. Setelah olahraga keras
Anda pernah mendengar seseorang mengalami serangan jantung bahkan meninggal dunia setelah olahraga keras? Ini memang contoh klasik, waktu berbahaya bagi jantung. Serangan jantung terjadi karena orang tersebut tidak terbiasa dengan olahraga keras atau jarang berolahraga. Ketika melakukan olahraga keras, produksi stres hormon meningkat drastis, tekanan darah juga mengalami hal yang sama. Serangan jantung pun jadi tak terhindarkan.
0 Komentar untuk "7 Waktu Paling Berbahaya Bagi Jantung "

Back To Top